ASSALAMU'ALAIKUM GUYS kata-kata islami: Artikel tentang menuntut ilmu

Selasa, 11 Februari 2020

Artikel tentang menuntut ilmu

                                               MENUNTUT ILMU

Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan memberikan perhatian khusus dalam masalah ilmu. Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bahkan mengatakan bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim, baik laki-laki maupun perempuan, utamanya masalah ilmu agama.
Dalam alquran, Allah Subhanahu wa ta’ala juga menjanjikan kemuliaan bagi orang yang berilmu, yaitu akan diangkat derajatnya oleh Allah. “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Q.S Al-Mujadilah: 11).
Dalam ayat yang lain, Allah juga menegaskan bahwa tidak sama antara orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu (Q.S Az-Zumar: 9). Maka, mestinya ini menjadi motivasi bagi kita untuk tidak pernah bosan belajar dan terus menambah ilmu pengetahuan.
Rasulullah dalam sabdanya mengatakan bahwa perjalanan mencari ilmu merupakan salah satu jalan yang memudahkan kita menuju surga. “Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Ibnu Majah & Abu Dawud).
Selain itu, ilmu yang bermanfaat juga menjadi sebab bagi seseorang untuk menerima pahala yang tidak terputus meski ia telah meninggal dunia. “Ketika seorang anak Adam meninggal, semua amalannya terputus kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta anak saleh yang selalu mendoakannya.” (HR Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sukses di usia muda

Sukses Tidak Harus Memandang Usia “Jika kita mampu sukses di usia muda. Mengapa menunggu tua untuk memulainya? Ayo, bangun mimpimu dan be...